Bingung Mau Beli Jam Tangan Analog atau Digital?

Bingung Mau Beli Jam Tangan Analog atau Digital?

Ingin beli jam tangan analog atau digital? Mana yang lebih bagus? Apa berbedaan kualitasnya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut agak sulit dijawab sebab pilihan jam tangan analog atau digital tergantung selera masing-masing atau lebih tepatnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Hadirnya merk jam tangan dengan desain dan model beragam memang cukup sulit menemukan yang paling tepat. Terlebih harga yang ditawarkan tidak jauh beda antara ori dan replika, kadang menambah bingung mau pilih yang mana.

Jika dilihat dari fungsinya, jam tangan termasuk item fashion yang cukup penting mengingat harus dipakai setiap hari. Untuk itu akan lebih baik jika memilih jam tangan yang sudah teruji secara kualitas, tentunya sesuai kebutuhan juga.

Baca juga : Apa Itu Jam Tangan Mekanik? Cara Kerjanya Bagaimana?

Untuk pemilihan jam tangan sendiri ada banyak hal yang musti diperhatikan. Mulai dari merk, daya tahan, model, estetika, hingga craftsmanship yang berkualitas. Lantas jika dihadapkan pada dua pilihan, mana yang harus dipilih, jam tangan analog atau digital?

Perbedaan Jam Tangan Analog dan Jam Tangan Digital

Sebelum menjatuhkan pilihan pada satu jenis jam tangan, sebaiknya kenali dulu perbedaan jam tangan analog dan jam tangan digital. Sebab dari beberapa sudut pandang, baik versi analog maupun digital memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jam Tangan Analog

Jam tangan analog adalah  jam penunjuk waktu yang menggunakan jarum untuk menunjukkan detik, menit, dan jam. Ada juga beberapa jam analog yang dilengkapi penunjuk waktu kedua menggunakan sistem digital.

Casio

Ada merk jam tangan analog yang menggunakan angka biasa, sebagian lagi ada yang menggunakan angka romawi. Sejalan dengan perkembangan teknologi ada juga merk jam tangan analog yang menyertakan beberapa fitur tambahan seperti stopwatch atau kalkulator.

Jam Tangan Digital

Jam tangan digital adalah jam yang menggunakan layar liquid crystal display (LCD) untuk menampilkan teks angka sebagai penunjuk waktu. Secara umum jam tangan digital dibekali beragam fitur misalnya: kalender, kalkulator, dan stopwatch (kemudian disebut jam tangan chronograph). Bahkan untuk versi terkini, jam tangan digital juga dilengkapi fitur GPS.

digital watch

Lalu Pilih yang Mana? Jam Tangan Analog atau Digital?

Meski sudah mengetahu perbedaan antara jam tangan analog dan digital, jangan terburu-buru memilih salah satu dari keduanya. Ini karena setidaknya ada tiga hal penting lagi yang harus dipertimbangkan.

Pengaturan (setting)

Meskipun pendapat orang tidak sama tapi secara umum setting atau pengaturan jam tangan digital lebih rumit dibanding jam tangan analog. Ini karena kita harus menekan beberapa tombol tertentu serta harus berurutan. Meskipun begitu dalam paket pembelian biasanya sudah disertakan buku manual untuk memandu dalam pengaturan dan kalibrasi jam tangan digital.

Baca juga : Perbedaan Jam Tangan Kinetik dan Automatic Paling Menonjol

Sebaliknya pengaturan jam tangan analog lebih simpel. Kita hanya perlu menarik crown di sisi jam tangan, kemudian memutar jarum sesuai arah perputaran jarum jam, kemudian menyesuaikan dengan waktu pada saat itu. Untuk kembali ke kondisi sebelumnya, cukup dengan menekan crown tadi ke posisi semula. Setelah itu jam tangan bisa langsung digunakan dan tidak ada pengaturan rumit lainnya.

Pembacaan Jam

Pendapat orang juga berbeda-beda terkait dengan pembacaan jam, baik digital atau analog. Ada yang lebih mudah membaca waktu jam tangan digital. Ada juga yang justru kesulitan membaca penunjuk waktu jam tangan analog, terlebih jika ditunjukkan dengan angka romawi.

Style yang Diinginkan

Baik jam tangan analog maupun digital tersedia banyak pilihan modelnya. Bagi yang suka jam tangan praktis dan lebih fungsional, opsi yang sesuai preferensi Anda tentu jam tangan digital. Sebaliknya jika Anda ingin lebih menonjolkan kesan classy dan mewah, tentu saja jam tangan analog pilihan yang direkomendasikan.

Memilih jam tangan sebenarnya bersifat fleksibel. Jam tangan analog lebih unggul dari sisi desain dan craftsmanship. Kesannya juga lebih stylish dan bisa dibilang versatile sehingga cocok untuk semua aktivitas. Di sisi lain memilih jam tangan digital kadang juga lebih nyaman karena bisa melihat waktu secara cepat. Misalnya saat traveling, jogging atau aktivitas bersifat santai lainnya.

Pada akhirnya pilihan jam tangan analog atau digital lebih pada keputusan yang bersifat pribadi sebab setiap orang memiliki selera dan prioritas berbeda-beda.

Tinggalkan komentar