Breitling

Breitling Sebuah Perusahaan Jam Tangan Mewah Asal Swiss

Breitling sebuah perusahaan jam tangan mewah asal Swiss yang cukup mendunia. Perusahaan ini merupakan perusahaan asal Grenchen, Swiss. Jam tangan ini memiliki historis yang sangat erat dengan dunia penerbangan.

Produk Breitling terkenal dengan kronografnya yang besar, dan dapat menampilkan bezel berputar yang mencolok. Salah satu hal terpenting yang selalu konsisten dijaga oleh Breitling adalah ketelitian sehingga semua gerakan diuji dengan menggunakan kronometer.

Model Breitling yang paling dianggap penting antara lain Breitling Navitimer, Breitling Chronomat, dan Breitling Superocean. Selain itu, masih ada koleksi Breitling yang lainnya, seperti Avenger, Colt, Galactic, Montbriliant, serta Profeddional.

Sejarah Perusahaan Jam Tangan Mewah Breitling

Merek jam tangan mewah Breitling didirikan oleh Néon Breitling pada tahun 1884 di kota Saint-Imier, Swiss. Breitling mendirikan bisnisnya di sebuah studio jam. Pada awalnya, dia menciptakan kronograf. Pada tahun 1892, perusahaan baru yang didirikan oleh Breitling tersebut kemudian dipindah ke La Chaux-de-Fonds. Pada tahun 1915, perusahaan ini membuat kronograf pergelangan tangan dengan menggunkn jarum detik sentral dan penghitung 30 menit, yang memungkinkan pilot untuk membuat perhitungan pertama mereka.

Pada tahun 1934, Willy Breitling, cucu dari pendiri perusahaan, mengambil alih tanggung jawab perusahaan.  Dia kemudian berinovasi menciptakan jam tangan yang dapat digunakan oleh para pilot untuk melakukan perhitungan. Seorang ahli matematika, Marchel Robert, mengembangkan disk komputasi yang memudahkan perhitungan logaritmik kompleks. Hal ini sangat membantu pilot dalam menghitung kecepatan rata-rata atau konsumsi bahan bakar tanpa komputer.

Breitling juga pernah memasok kronograf on-board besar untuk Kementrian Udara Britania Raya untuk pesawat Angkatan Udara Kerajaan pada tahun 1939. Karena itulah, pilot, produsen pesawat terbang, dan perusahaan penerbangan mengandalkan Breitling sebagai mitra yang berperan menyediakan instrumen yang andal dan canggih.

Pada tahun 1952, Breitling memperkenalkan Navitimer. Model jam tngn ini menjadi salah satu jam tangan Breitling yang dianggap paling penting. Jam tangan ini identik dengan jam tangan dan kronograf penerbangan.

Pada tahun 1968, arloji penyelam buatan Breitling yang dinamai Superocean muncul di pasaran untuk pertama kalinya dan menjadi begitu terkenal. Jam tangan ini memiliki fungsi kronograf yang dapat menahan tekanan hingga 20 bar. Arloji Superocean dianggap sebagai pendamping selam yang populer.

Perusahaan jam tangan Breitling pernah mengalami krisis pada tahun 1970-an sehingga membuat Willy Breitling menjual perusahaannya ke Ernest Schneider pada tahun 1979. Breitling kemudian menjadi salah satu perusahaan milik keluarga dan Théodore Scheider menjadi manajer umum perusahaan Breitling.

Sejak tahun 2000, semua jenis jam tangan buatan Breitling telah mendapat sertifikat Chronometer. Jam tangan yang diproduksi oleh Breitling dikelompokkan dalam beberapa kategori, seperti Diver, Aviation, serta Luxury. Ciri-ciri jam tangan mewah ini adalah memiliki finishing mengkilap dan berukuran besar. Sebagian besar model jam tangan Breitling dibuat dengan menggunakan movement automatic.

Baca juga : Review Jam Tangan Breitling Navitimer 1

Kini, Breitling memproduksi sekitar 130.000 jam tangan setiap tahunnya. Sebagian besar jam tangan yang diproduksi oleh Breitling tersebut dibanderol dengan harga antara 5.000 hingga 10.000 euro. Breitling sebuah produsen jam tangan mewah asal Swiss, telah memiliki sekitar 60 butik di seluruh dunia.

Model Jam Tangan Breitling yang Dianggap Penting

  • Breitling Navitimer

Navitimer merupakan model arloji yang menjadi ikon utama bagi Breitling. Jam tangan ini dierkenalkan oleh Breitling pada tahun 1952. Jam tangan yang identik dengan dunia penerbangan ini memiliki bezel  memutar knurled yang memiliki fungsi aturan slide yang bisa dijadikan sebagai alat bantu navigasi bagi para pilot.

  • Breitling Chronomat

Produk Breitling yang satu ini diluncurkan pada tahun 1941. Breitling Chronomat dirancang berdasarkan sebuah paten tentang jam tangan bergaya instrumen dengan menggunakan sistem circular slide rule. Jam tangan ini dicitakan untuk mengakomodasi kebutuhan para ahli matematika dan ilmuwan dalam membantu perhitungan skala, kecepatan, penjumlahan, jarak tempuh, dan lain sebagainya.

  • Breitling Superocean

Brietling ternyata tak hanya bisa diandalkan untuk memproduksi jam tangan untuk elemen udara saja, tetapi juga untuk elemen air. Hal ini terbukti dengan hadirnya arloji Breitling Superocean yang tahan air hingga kedalaman 200 meter. Model Superocean yang paling laris di dunia adalah Superocean Heritage 44.

Demikianlah pembahasan tentang Breitling sebuah perusahaan jam tangan mewah asal Swiss. Semoga informasi yang terdapat dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar