Perbedaan Jam Tangan Kinetik dan Automatic Paling Menonjol

Perbedaan Jam Tangan Kinetik dan Automatic Paling Menonjol

Tidak hanya model jam tangan yang beragam, namun jenis dari jam tangan tersebut pun juga beragam.  Salah satu hal yang membedakan jenis jam tangan tersebut adalah movement pada jam tangan tersebut seperti automatic dan kinetic.

Automatic dan kinetic ini sama-sama menggunakan rotor yang berfungsi sebagai pengisi daya ketika digerakkan atau digoyang-goyangkan sehingga akan membuat rotor bergerak memutar di dalam case sehingga mesin-mesin yang ada di dalamnya akan menyimpan tenaga tersebut di dalam jangka waktu yang terbatas.

Karena sama-sama berakhiran dengan kata “tik” membuat banyak orang bertanya-tanya apa perbedaan jam tangan kinetik dan automatic tersebut. Bagi Anda yang penasaran, simak beberapa perbedaannya di bawah ini:

Jam Tangan Movement Automatic

Jam Tangan Movement Automatic

Sebutan automatic mengacu ke dalam istilah automatic winding atau self-winding yang mana bisa memutar secara otomatis. Hal inilah yang menjadi pembeda dengan manual winding dimana pengguna harus bisa memutar crown yang bisa digunakan sebagai pengisi daya.

Jam tangan automatic pengisian dayanya bisa dilakukan tanpa harus memutar crown, melainkan akan diserahkan ke rotor yang memiliki movement. Daya hasil dari putaran rotor ini akan disimpan ke dalam mainspring yang kemudian disalurkan ke roda-roda gir sehingga jarum jam tersebut bisa mampu menunjukkan waktu dan juga fungsi-fungsi komplikasi lain. Hal tersebut akan dilakukan dengan cara otomatis dilakukan oleh mechanical tanpa bantuan dari energi listrik.

Saat jam tangan tersebut tidak digunakan, tenaga atau powernya hanya bisa bertahan maksimal 72 jam, setelah itu daya yang tersimpan di mainspring atau power reserved tersebut bisa habis. Saat hal itu terjadi jam tangan tidak akan bisa berfungsi sehingga daya perlu di isi kembali caranya dengan menggerakkannya.

Baca juga : Review Jam Tangan Tag Heuer vs Jam Tangan Rolex, Mana yang Lebih Baik?

Sejumlah jam automatic tersebut melengkapi dengan fitur manual winding yang berfungsi sebagai pembangun daya sebelum akhirnya rotor tersebut akan bisa memperpanjang power reserved, namun beberapa produsen jam ada yang tidak dilengkapi dengan fitri manual winding.

Jam Tangan Kinetik

Jam Tangan Kinetik

Yang menjadi perbedaan jam tangan kinetik dan automatic menonjol automatic movement tidak akan menggunakan daya listrik sama sekali atau full mekanis, sedangkan pada jam tangan kinetik untuk menggerakkan jam tersebut harus menggunakan daya listrik.

Hal ini menjadi perbedaan mendasar untuk dipahami. Jam tangan kinetik ini menggabungkan konsep pengisian daya yang diterapkan oleh movement otomatis dengan tenaga listrik atau quartz. Sama dengan movement automatic dimana movement kinetic ini juga memiliki rotor yang bisa digunakan sebagai pengisi daya listrik yang disimpan ke dalam kapasitor atau baterai isi ulang.

Kapasitor itulah yang kemudian yang menjadi penggerak movement quartz agar bisa menunjukkan waktu dan juga fungsi-fungsi komplikasi yang lainnya.

Saat tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, jam dengan mesin kinetic sama dengan movement automatic yang mana bisa kehabisan daya. Yang membedakannya adalah bila power reserved movement automatic tersebut rata-rata hanya bisa  bertahan maksimal 72 jam, jam tangan dengan movement kinetik ini bisa bertahan 1,5 bulan sampai dengan 6 bulan tergantung dengan kaliber yang digunakan.

Bagus Mana?

why

Setelah membaca perbedaan jam tangan kinetik dan automatic di atas banyak yang mempertanyakan di antara kedua jam tersebut mana yang lebih bagus? Beberapa pecinta jam tangan mengemukakan bahwa movement mekanik automatic atau jam tangan automatic ini jauh lebih disukai dibandingkan dengan yang kinetik.

Pergerakan jam tangan automatic yang halus seolah-olah akan bisa menyapu dial sehingga memiliki visual yang jauh lebih menarik. Meski begitu jam kinetik bukannya tidak menarik dimana jam ini juga memiliki kelebihan diantaranya adalah model dan bentuknya yang menarik, perspektif yang ramah lingkungan, dan juga praktis.

Tidak diungkiri jika saat ini jam kinetik memiliki model yang sangat menawan terlebih lagi ada beberapa jam yang dilengkapi dengan anti air sehingga banyak penyelam yang menggunakan jam kinetik ini untuk menyelam.

Keunggulan jam kinetik lainnya adalah power reserved jam kinetic yang jauh lebih lama dibandingkan dengan jam otomatis sehingga meski Anda meletakkannya selama seminggu, Anda bisa kembali menggunakan jam kinetik tersebut.

Baca juga : Perbedaan Jam Tangan Waterproof, Water Repellent dan Water Resistant

Bisa disimpulkan bagus tidaknya jam otomatis dan kinetik ini tergantung dengan selera. Sebelum membeli jam tangan kinetik atau automatic itu ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana selera Anda tentang jam tangan terlebih dahulu baru bisa menentukan jenis jam dengan tepat.

Demikianlah beberapa perbedaan jam tangan kinetik dan automatic yang sangat menonjol, semoga beberapa perbedaan di atas bisa memberikan sedikit gambaran terutama bagi Anda yang sedang mencari jam tangan yang pas dan tepat untuk Anda.

Tinggalkan komentar