Perbedaan Jam Tangan Waterproof, Water Repellent dan Water Resistant

Perbedaan Jam Tangan Waterproof, Water Repellent dan Water Resistant

Zaman sekarang sudah banyak produk elektronik yang menggunakan teknologi anti air baik itu jam tangan, kamera, atau bahkan gadget. Karena hal tersebut membuat banyak masyarakat menganggap bahwa semua anti air itu sama padahal hal tersebut tidak benar.

Bagi Anda yang ingin membeli jam tangan mengetahui perbedaan ketiga istilah ini sangat penting sekali dikarenakan memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda. Agar tidak salah pilih, simak beberapa perbedaan jam tangan waterproof, water repellent, dan water resistant yang penting untuk Anda ketahui berikut ini:

Jam Tangan Waterproof

longines-hydroconquest-black

Perbedaan jam tangan waterproof, water repellent, dan water resistant ini bisa diketahui dengan memahami pengertian dari masing-masing istilah tersebut. Istilah pertama yang wajib untuk Anda ketahui adalah waterproof.

Waterproof merupakan istilah tertinggi dalam istilah anti air. Sejatinya jam tangan yang memiliki label waterproof ini bisa menahan air meski dalam kondisi apapun termasuk dalam kondisi ekstrem sekalipun.

Jam tangan yang memiliki label ini tidak akan mengembun meski terkena air. Meski begitu skala waterproof ini berbeda-beda dan diukur dengan skala Ingress Protection Rating. Skala ini pun di bagi menjadi 9 peringkat mulai dari 0 sampai 9 dan digunakan untuk mengukur seberapa efektif perangkat atau jam tangan tersebut dalam menahan rembesan air.

Jika jam tangan Anda sudah waterproof dengan skala di atas 7 maka Anda tidak perlu khawatir lagi jika jam tersebut akan rusak terkena air, karena skalanya sudah tinggi dan bisa bekerja secara efektif.

Rating waterproof ini juga menandakan tingkat kedalaman air yang bisa di toleransi. Alasannya adalah air tersebut memiliki tekanan dimana semakin dalam semakin besar tekanannya. Produsen jam tangan pun juga akan memberikan batasan kedalaman air yang bisa dimasukkan ke dalam garansi.

Baca juga : 5 Jam Tangan Termahal Di Indonesia yang Dimiliki Para Artis

Jam tangan yang ditandai dengan label waterproof berarti sepenuhnya bisa terendam dalam air, namun yang harus diketahui adalah konektor dari perangkat waterproof tersebut biasanya tidak kedap air.

Jam Tangan Water Repellent

tag-heuer-aquaracer-water-resistant

Selain ada waterproof, ada juga water repellent. Jam tangan dengan label water repellent ini tingkatannya di bawah waterproof, meski begitu berada di atas water resistant. Repellant ini juga di desain untuk menghindari dampak air dengan proses pelapisan yang lebih serius pada bagian luar jam dan bagian dalam jam agar lebih tahan air.

Untuk menciptakan sifat repellent ini membutuhkan zat-zat yang bisa menolak air seperti emulsi malam, sabun-sabun logam, dan juga zat aktif permukaan. Jam tangan atau perangkat bisa dikatakan menolak air jika tahan terhadap rembesan air dalam waktu yang lama, memiliki kemampuan untuk mempertahankan butiran-butiran air di atas permukaan jam tanpa bisa merembes melewati bahan, dan air yang ada di permukaan jam ini bisa dihilangkan dengan cara ditiup.

Jam Tangan Water Resistant

bell & ross

Water resistant merupakan istilah untuk menyebut anti air namun dengan tingkatan yang lebih rendah. Selain digunakan untuk jam tangan istilah ini juga digunakan untuk perangkat lainnya seperti smartphone, gadget, dan lain sebagainya agar sulit kemasukan air.

Meski begitu perangkat dengan label water resistant ini tidak boleh terlalu lama terendam di dalam air, karena tujuannya hanya sebagai penahan rembesan air saja seperti ketika Anda mencuci atau ketika kondisi hujan. Saat menyetir di rintikan hujan tidak jarang jam tangan yang digunakan terkena air, saat itulah water resistant ini akan bekerja sehingga jam tangan tersebut tidak menjadi mati atau rusak.

Biasanya manufaktur yang melapisi komponen penting ini menggunakan cat khusus agar cairan maupun debu yang berhasil menembus jam tidak menimbulkan kerusakan. Jam tangan dengan water resistant ini bisa dibersihkan dengan menggunakan kain lembap atau basah, dan meski Anda banyak berkeringat jam tangan ini tidak akan rusak.

Baca juga : Review Jam Tangan Tag Heuer vs Jam Tangan Rolex, Mana yang Lebih Baik?

Yang harus di ingat adalah sifat dari water resistant ini hanya sementara sehingga jika terlalu sering terkena percikan air proteksi yang dimiliki oleh jam tangan tersebut akan hilang. Namun jangan khawatir karena proteksi tersebut menghilang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Demikianlah beberapa perbedaan jam tangan waterproof, water repellent, dan water resistant yang wajib untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

All image by INTime

Tinggalkan komentar