Tissot logo

Sejarah Jam Tangan Tissot dan Produk Limited Editionnya yang Perlu Anda Ketahui

Sejarah Jam Tangan Tissot berawal saat Charles-Felicien Tissot dan putranya yang bernama Charles-Emile Tissot memutuskan untuk mendirikan perusahaan Tissot pada tahun 1853 di kota Le Locle , Swiss. Sampai saat ini, Tissot terus mengukuhkan diri sebagai salah satu produsen jam  kenamaan dunia. Jam tangan Tissot kini bahkan telah terjual di lebih dari 160 negara di dunia.

Jam Tangan Tissot Brand Asal Swiss Sejak 1853

Tissot tumbuh menjadi salah satu merk jam tangan terbaik di dunia karena mereka selalu berkomitmen untuk menghadirkan produk jam tangan yang berkualitas. Berikut akan kita bahas mengenai sejarah jam tangan Tissot dan produk limited editionnya yang banyak diburu oleh para kolektor jam tangan.

Tissot watch

Sejarah Jam Tangan Tissot

Tissot merupakan salah satu merk jam tangan kenaman dunia yang didirikan oleh Charles-Felicien Tissot beserta putranya Charles-Emile Tissot pada tahun 1853. Kini, perusahaan jam tangan yang bermarkas di kota Le Locle, Swiss ini telah banyak memproduksi jam tangan yang menjadi incaran para kolektor jam tangan.

Tissot mempelopori pembuatan beberapa jenis jam tangan. Pada tahun 1853, Tissot menjadi produsen jam tangan yang pertama kali menciptakan jam saku dengan dua zona waktu secara massal. Selain itu, Tissot juga yang pertama kali memproduksi jam tangan anti-magnetik pada tahun 1929-1930.

Salah satu sejarah jam tangan Tissot yang akan selalu diingat adalah ketika Charles-Emile Tissot meninggalkan Swiss untuk memulai penjualan jam Tissot ke seluruh dunia pada tahun 1858. Tempat pertama yang dia tuju untuk memasarkan jam tangan Tissot adalah Rusia. Setelah sampai di Rusia, dia berhasil menjual jam tangan saku savonnette kepada keluarga dan pejabat kekaisaran Rusia.

Pada tahun 1930 , Tissot berusaha untuk mengembangkan usahanya dengan mencari mitra. Charles dan Paul Tissot akhirnya bersama-sama dengan Brandt bersaudara ( pendiri Omega ) mendirikan perusahaan holding bersama bernama Sere ociete Suisse pour I’Industrie Horlog ( SSIH). Jam tangan Tissot-Omega di era itu banyak dicari oleh para kolektor jam tangan karena dianggap memiliki kualitas yang baik.

Baca juga : Review Jam Tangan Tag Heuer Terbaru 2020

Pada tahun 1970, Tissot membuat langkah besar dalam perjalanan bisnisnya dengan menjadi pelopor produksi jam tangan mekanikal pertama di dunia yang menggunakan body plastik. Jam tangan yang dinamai Astrolon tersebut menjadi model cikal bakal jam plastik Swatch. Tahun 1985, Tissot berhasil membuat jam tangan Alpine Granite Rock Watch. Mereka juga menciptakan jam tangan dari mutiara yang disebut dengan The Tissot Pearl Watch pada tahun 1987. Sedangkan pada tahun 1988, Tissot membuat jam tangan dari kayu yang dinamai dengan The Tissot Wood Watch pada tahun.

Tissot secara resmi menjadi salah satu anggota The Swatch Group Ltd sejak tahun 1983. The Swatch Group Ldt sendiri merupakan produsen dan distributor arloji terbesar di dunia. Jam tangan Tissot sendiri akhirnya dikasifikasikan sebagai produk “mid-range” oleh Swatch Group Ltd. Karena itu, Tissot semakin terkenal dan berhasil dipasarkan di lebih dari 160 negara di seluruh dunia.

Kini, Tissot telah menjadi pencatat waktu resmi untuk beberapa cabang olahraga besar, seperti MotoGP, Hoki es, Kejuaraan Dunia Anggar, Asosiasi Bola Basket Nasional Perempuan, dan juga balap sepeda. Sebagai pecatat waktu resmi, Tissot berkewajiban mengatur waktu masing-masing cabang olahraga tersebut.

Produk Limited Edition Tissot

Berikut ini adalah beberapa produk jam tangan limited edition dari Tissot yang banyak menjadi buruan para kolektor jam tangan:

  1. Jam Tangan Pria Sporty Tissot T Race MotoGP Limited Edition

Jam tangan Tissot T Race MotoGP ini terbuat dari material stainless steel warna gold yang anti karat. Tali jam tangan terbuat dari rubber rope berwarna hitam yang berkualitas. Selain itu, adanya sapphire glass anti gores pada jam tangan ini memuatnya tampak semakin berkelas.

Baca juga : Review Jam Tangan Rolex Terbaru 2020

Jam tangan ini dapat berfungsi sebagai stopwatch karena terdapat tiga jarum chrono di dalamnya. Selain itu, jam tangan ini juga bersifat tahan air sehingga tangguh untuk digunakan.

  1. Jam tangan Tissot MotoGP 2011 Limited Edition

Jam tangan ini terbuat dari bahan stainless steel anti karat. Sedangkan talinya terbuat dari material rubber rope berwarna hitam.

Dengan adanya tiga jarum chrono, jam tangan Tissot MotoGP 2011 Limited ini juga dapat digunakan sebagai stopwatch.

Tinggalkan komentar